ANALISIS NILA-NILAI RELIGI DAN SOSIAL PADA TARI SAMAN ACEH
Keywords:
Tari Saman, Nilai-Nilai Islam, Budaya, SeniAbstract
Penelitian ini dilakukan karena Tari Saman Aceh merupakah sebuah persembahan seni budaya Indonesia dari masa ke masa yang bermakna penuh dengan nilai-nilai Islam, budaya lokal dan seni tradisional. Namun, pemahaman terhadap makna filosofis dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sering kali hanya terbatas pada aspek hiburan dan estetika semata. Oleh karena itu, penelitian ini penting untuk mengungkap bagaimana nilai-nilai Islam, norma sosial dan identitas budaya tercermin dalam gerak, syair serta tata pelaksanaan Tari Saman. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan mengumpulan data dari berbagai referensi buku, jurnal dan hasil penelitian sebelumnya. Penelitian ini diharapkan dapat memperkuat pelestarian budaya sekaligus meneguhkan peran seni tradisi sebagai media dakwah, pendidikan karakter dan penguatan jati diri bangsa.Hasil penelitian menunjukan bahwa “Tari Saman”merefleksikan nilai utama religi, sosial, tanggung jawab, serta solidaritas. Secara keseluruhan, tari saman bukan hanya sebagai media pelestarian budaya dan identitas masyarakat Aceh, Tari Saman juga berpotensi besar dijadikan sarana pendidikan karakter di sekolah. Oleh karena itu, lembaga pendidikan, pemerintah daerah, serta masyarakat perlu terus mendukung pelestarian dan pembelajaran Tari Saman.
References
Bahry, R. (2014). Tari saman (p. 6).
Damardjati Kun Marjanto, D. (2019). Upaya Pelindungan Warisan Budaya Yang Telah Terdaftar Dalam Ich Unesco: Pengungkapan Arti Dan Makna Syair Tari Saman. https://litbang.kemdikbud.go.id
Darmawan, C. F., & Tinambunan, S. D. (2024). Karakteristik Tari Saman Sebagai Daya Tarik Aceh. MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary, 2(2), 1206– 1215. E
Ghifary, M. N. Al, Zahra, Yusron, & Yuningsih. (2024). Analisis Pelestarian Tari Saman Aceh Sebagai Identitas Budaya Lokal Indonesia Terhadap Pengaruh Globalisasi di Era Modern. Seminar Nasional Penelitian, November, 1–8. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit
Heniwaty, Y. (2015). Tari Saman Pada Masyarakat Aceh: Identitas Dan Aktualisasi. 56. http://digilib.unimed.ac.id/1478/
Imam, A. (2021). Analisis Nilai-nilai Pada Tari Saman. Makalangan, Vol. 8, No(212), 3. https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/makalangan/article/download/1616/1090
Islamiyati, R. (2017). Estetika Religius Dalam Tari Saman Aceh. Skripsi.
KASIDAH, A. (2018). Dampak Syair Tarian Saman Gayo Terhadap Spirit Dakwah Dalam Masyarakat Kecamatan Simpang Jernih Kabupaten Aceh Timur. http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1560%0Ahttp://digilib.iainlangsa.ac.id/15 60/1/AGUS KASIDAH.3012014002.KPI.2018.pdf
Masyitah Ultari Asma. (2019). Nilai-nilai edukatif dalam pertunjukan tari saman pada masyarakat blangkejeren gayo lues. https://lib.unnes.ac.id/
Muh. Khoirul Rifa ‘i. (2016). Internalisasi Nilai-nilai Religius Berbasis Multikultural. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 125–133.
Muslim. (2022). Nilai-Nilai Edukasi Islam Dalam Kesenian Saman Nilai-Nilai Edukasi Islam Dalam Kesenian Saman. Skripsi, 16
Oleh, D., Ushuluddin, M. F., & Filsafat, D. (2019). NILAI-NILAI FILOSOFIS DALAM TARI SAMAN (Studi Kasus Kabupaten Gayo Lues) SKRIPSI SURNA YATI.
Rahmawati, D. A. V. G. (2024). Jurnal dunia pendidikan. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(November), 1658–1668. http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/2083
Saefullah, A. S. (2024). Ragam Penelitian Kualitatif Berbasis Kepustakaan Pada Studi Agama dan Keberagamaan dalam Islam. Al-Tarbiyah : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(4), 195–211. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i4.1428
Saefullah, A. S., & Sukmara, D. (2025). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Ngalaksa Rancakalong: Sebuah Kajian Kualitatif Etnopedagogis. Borneo Journal of Islamic Education, 5(1), 101–112. https://doi.org/10.21093/bjie.v5i1.10660
Susanti, M., Fitri, A., Sulaiman, S., & Hasniyati, H. (2023). Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik pada Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Saman pada Sanggar Renggali dI SD Negeri 10 Blangkejeren. Jurnal Pesona Dasar, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.24815/pear.v11i1.30809
Tesis Ery Ekawati.pdf (pp. 1–100). (2014). https://repository.ikj.ac.id/487/1/Tesis Ery Ekawati.pdf
Wibowo, G. A. (2018). Nilai Pendidikan Budi Pekerti Dalam Seni Tari Saman. Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(1), 177–182. http://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/index
Yeti Sri Maryati, Agus Susilo Saefullah, A. A. (2025). Landasan normatif religius dan filosofis pada pengembangan metodologi pendidikan agama islam. Qolamuna : Keislaman, Pendidikan, Literasi Dan Humaniora, 1(2), 66–84.
Zulfa, N. A., & Chamidah, F. N. (2025). Kajian Simbolik Tari Saman sebagai Warisan Budaya Aceh dalam Menggerakkan Identitas dan Menyerukan Spiritualitas. Tambuleng, 6(1), 34–44.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Qolamuna: Keislaman, Pendidikan, Literasi dan Humaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.








