PENDIDIKAN INKLUSI SEBAGAI WUJUD KEADILAN PENDIDIKAN

Authors

  • Ahmad Shofi Universitas Singaperbangsa Karawang Author
  • Camelyati Kulsum Padilah Universitas Singaperbangsa Karawang Author
  • M. Jibril Laborahima Universitas Singaperbangsa Karawang Author
  • Siti Nurhalimah Universitas Singaperbangsa Karawang Author
  • Abdul Azis Universitas Singaperbangsa Karawang Author

Keywords:

Pendidikan, Inklusi, Keadilan

Abstract

This study analyzes inclusive education as a form of justice in the education system in Indonesia. Inclusive education is interpreted as an approach that provides equal access to learning for all students, regardless of physical, intellectual, social, economic, or other background differences. This study emphasizes that the focus of inclusive education is not only on the technical side such as facilities, training for educators, and curriculum, but also underlines the importance of the principle of social justice. Using a qualitative descriptive method based on secondary data, this study shows that the implementation of inclusive education can increase participation, reduce discrimination, and create a learning environment that values ​​diversity and equality. However, the implementation of inclusive education still faces various challenges, including rejection from the school environment, lack of support from the government, and obstacles in changing the mindset of the community. This study suggests the need to strengthen policies, improve educator skills, and understand more deeply about justice in education to build a truly inclusive and just education system.

References

Adawiah, Wardatul. 2015. “HUBUNGAN SOSIAL SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSIF: Analisis Deskriptif Interaksi Simbolik Dalam Hubungan Sosial Siswa Berkebutuhan Khusus Di SD Negeri 1-2 Gegerkalong.” Universitas Pendidikan Indonesia.

Amir, Muhammad. 2022. “Analisis Kebijakan Pendidikan Inklusi.” Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraaan 9 (2): 126–31.

Bahri, Saiful. 2023. “Eksplorasi Pendidikan Inklusif: Kesetaraan Dalam Pembelajaran.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial (JMPIS) 5 (1).

Dhamayanti, Yuni, and Suparno Suparno. 2015. “Keefektifan PAUD Inklusi Pada Kesiapan Anak Memasuki Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat 2 (1): 107.

Fionita, Winda, and Ely Nurjannah. 2024. “Implementasi Pendidikan Inklusif Sebagai Perubahan Paradigma Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia 2 (2): 302–11.

Fitria, Adilah Wina, Abdullah Sinring, and Universitas Negeri Makassar. n.d. “Membangun Keadilan Dan Kesetaraan Pembelajaran Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Inklusi,” 110–18.

Haekal, Muhammad. 2013. “Analisis Implementasi Pendidikan Inklusif Di Provinsi Aceh: Budaya, Kebijakan, Dan Pelaksanaan.” Perspectives 13 (3): 218–28.

Irawati, Nunung. 2015. “Hubungan Antara Empati Dengan Penerimaan Sosial Siswa Reguler Terhadap Siswa ABK Di Kelas Inklusif (SMP N 2 Sewon).” Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling.

Jauhari, Auhad. 2017. “Pendidikan Inklusi Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Penyandang Disabilitas.” IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching 1 (1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3099.

Mukti, H, I B P Arnyana, and N Dantes. 2023. “Analisis Pendidikan Inklusif: Kendala Dan Solusi Dalam Implementasinya. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 6 (2), 761–777.”

Nadhiroh, Umi, and Anas Ahmadi. 2024. “Pendidikan Inklusif: Membangun Lingkungan Pembelajaran Yang Mendukung Kesetaraan Dan Kearifan Budaya.” Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya 8 (1): 11. https://doi.org/10.30872/jbssb.v8i1.14072.

Nisak, Zeni Hafidhotun. 2018. “Analisis Kebijakan Pendidikan Inklusif Di Indonesia.” Primary Education Journal (Pej) 2 (1): 98–107. https://doi.org/10.30631/pej.v2i1.18.

Olivia, N. 2024. “FILOSOFI PENDIDIKAN INKLUSIF DALAM SISTEM PENDIDIKAN INDONESIA MENUJU MERDEKA BELAJAR.”

Parnawi, Afi, and Malika Syahrani. 2024. “Pendidikan Inklusif Dalam Islam Untuk Membangun Kesetaraan Dan Keadilan.” Arriyadhah 21 (1): 79–87.

Pebriani, Vika Restu. 2015. “PENGEMBANGAN PROGRAM LAYANAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH X BANDUNG.” Universitas Pendidikan Indonesia.

Pratiwi, Fitria Dwi, and Frieda Maryam Mangunsong. 2018. “Keterampilan Sosial Sebagai Prediktor Pembentukan Konsep Diri Akademik Pada Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Inklusif.” INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi 9 (2): 79–90.

Pratiwi, Seli Septiana. 2018. “ANALISIS INTERAKSI SOSIAL ANTAR PESERTA DIDIK NON-BERKEBUTUHAN KHUSUS DAN BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SMA INKLUSI DALAM KONTEKS PENDIDIKAN MULTIKULTURAL.” Universitas Pendidikan Indonesia.

Putri, Habibah Afiyanti, Wiwit Purnama Putri, and Bono Setyo. 2025. “Pendidikan Inklusi Yang Berkeadilan: Studi Kasus Pemenuhan Hak Anak Berkebutuhan Khusus.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 5 (2): 762–73.

Raihan, Muhammad, and Afif Abdul Fattah. n.d. “Prinsip Keadilan Dalam Pendistribusian Kartu Indonesia Pintar Kuliah ( KIP-K ) Di Indonesia Pendahuluan Kemajuan Sebuah Negara . Pendidikan Dapat Mempengaruhi Semua” 13 (1).

Saleh, Zamharirah. 2021. “BAB III Analisis 2.” 1Lexy J. Meleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007), 1: 9–25. http://repository.iainpare.ac.id/2732/.

Sugiyono Guzman, Kurniawan Candra, and Working Oktarina, Nina Paper. 2018. “BAB III METODE PENELITIAN Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2008).” Economic Education Analysis Journal 7 (1): 335–36.

Suryadi, Irwan. 2023. “Dampak Pendidikan Inklusif Terhadap Partisipasi Dan Prestasi Siswa Dengan Kebutuhan Khusus.” Jurnal Pendidikan West Science 1 (08): 517–27.

Wahid, Annisa, and Ikfi Khoulita. 2023. “PENDIDIKAN INKLUSIF (Mewujudkan Keadilan, Kesetaraan Dalam Lingkungan Multikultural).” ILJ: Islamic Learning Journal 1 (3): 696–711.

Wati, Wati. 2024. “Peran Manajemen Pendidikan Inklusif Terhadap Peningkatan Layanan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Parepare.” IAIN Parepare.

Downloads

Published

03-06-2025

How to Cite

PENDIDIKAN INKLUSI SEBAGAI WUJUD KEADILAN PENDIDIKAN. (2025). Qolamuna: Keislaman, Pendidikan, Literasi Dan Humaniora, 2(1), 267-276. https://jurnal.qolamuna.id/index.php/JQ/article/view/165

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1-10 of 18

You may also start an advanced similarity search for this article.