OPTIMALISASI PEMBELAJARAN LANGSUNG INTERAKTIF MELALUI MEDIA DIGITAL DAN GAMIFIKASI BERBASIS APLIKASI BLOOKET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI

Authors

  • Adinda Zahrah Universitas Singaperbangsa Karawang Author
  • Ana Tiara Syalwa Universitas Singaperbangsa Karawang Author
  • Ayu Rahmawati Universitas Singaperbangsa Karawang Author
  • Chatur Wasessa Universitas Singaperbangsa Karawang Author
  • Alpin Maulana Universitas Singaperbangsa Karawang Author

Keywords:

Aplikasi Blooket, Media Digital, Pemahaman Siswa, PAI

Abstract

This study aims to improve the understanding of students of class X.4 SMAN 1 Telagasari on the material about the nature of loving Allah Swt., khauf, raja', and tawakal to Him through the application of interactive direct learning methods with digital-based learning media. This research was conducted as a form of facing the challenges of the current modern era with the innovation of utilizing digital technology in the field of education to create a learning atmosphere that is fun and easy to understand. The research method applied is Classroom Action Research (PTK) with the Kemmis and McTaggart model consisting of two cycles. Each cycle includes planning, action implementation, observation, and reflection. The results showed a gradual increase in student learning, from 3% (pre-cycle) to 68% (cycle 1) and reached 75% in cycle 2.

References

Abdillah, R., Kuncoro, A., Erlangga, F., & Ramdhan, V. (2022). Pemanfaatan aplikasi Kahoot! dan Quizizz sebagai media pembelajaran interaktif berbasis gamifikasi. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 2(01), 92–102.

Agustina, E., Madjid, F. F. S., & Kirana, M. K. C. (2023). Analisis konsep maqamat dalam teosofi: Taubat, sabar, syukur, khauf, dan raja’.

Dacholfany, M. I. (2014). Al-khauf dan al-raja’ menurut Al-Ghazali. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 3(1), 35–44.

Desrita, D. (2025). Penggunaan media digital interaktif untuk meningkatkan minat belajar PAI pada siswa kelas VI SDN No. 119/II Pedukun. JIPT: Journal of Indonesian Professional Teacher, 1(2), 173–185.

Dhobith, A., Ratnasari, D., & Latipah, E. (2024). Penerapan strategi pembelajaran langsung interaktif dalam pengajaran materi berbentuk konsep pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 145–164.

Era Society 5.0: Era kedewasaan teknologi dan kemanusiaan. (2023, September). Universitas Pendidikan Nasional. https://undiknas.ac.id/2023/09/era-society-5-0-era-kedewasaan-teknologi-dan-kemanusiaan/

Hakeu, F., Pakaya, I. I., & Tangkudung, M. (2023). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis gamifikasi dalam proses pembelajaran di MIS Terpadu Al-Azhfar. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 154–166.

Hakim, M. N., & Iskandar, M. N. (2023). Pengembangan bakat dan minat dengan manajemen peserta didik. Kharisma: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 2(1), 26–37.

Khoirurrijal, K. (2015). Pendidikan dalam dunia sufistik. Nizham: Journal of Islamic Studies, 3(2), 17–26.

Monalisa, F. N., Akmalia, R., Harahap, A. S. S., & Aulia, P. F. (2022). Upaya dalam menumbuhkan karakter agamis siswa pada bulan suci Ramadhan di Madrasah Tsanawiyyah Negeri Binjai. FONDATIA, 6(2), 206–222.

Neliwati, N., Siregar, F. T., Siregar, A. A., & Batubara, H. (2023). Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa Madrasah Tsanawiyah. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 297–306.

Nursyam, A. (2019). Peningkatan minat belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), 811–819.

Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2020). Studi penerapan media kuis interaktif Quizizz terhadap hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 78–83.

Saefullah, A. S. (2019). Implementasi pendidikan karakter melalui internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam di TKIT Al-Hikmah. Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 3(2), 60–78.

Saefullah, A. S. (2024). Ragam penelitian kualitatif berbasis kepustakaan pada studi agama dan keberagamaan dalam Islam. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(4), 195–211.

Ulfah, S., Satriani, S., Putri, P., Utami, A. M., Muklis, I., & Hadi, R. (2021). Implementasi model pembelajaran Direct Instruction menggunakan pendekatan saintifik pada mata pelajaran Ekonomi kelas X MAN 2 Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(2), 160–166.

Downloads

Published

17-05-2025

How to Cite

OPTIMALISASI PEMBELAJARAN LANGSUNG INTERAKTIF MELALUI MEDIA DIGITAL DAN GAMIFIKASI BERBASIS APLIKASI BLOOKET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI. (2025). Qolamuna: Keislaman, Pendidikan, Literasi Dan Humaniora, 2(1), 23-36. https://jurnal.qolamuna.id/index.php/JQ/article/view/143

Similar Articles

1-10 of 24

You may also start an advanced similarity search for this article.