IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI SMA ISLAM NUR EL-GHAZY : ANALISIS PRAKTIK, TANTANGAN DAN HARAPAN SISWA
Keywords:
Bimbingan dan Konseling, Implementasi, Asas Kerahasiaan, Anti-Bullying, Harapan Siswa.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi layanan Bimbingan dan Konseling (BK) di SMA Islam Nur El- Ghazy dengan fokus pada praktik pelaksanaan, hambatan yang dihadapi, serta harapan siswa terhadap layanan tersebut. Penelitian dilakukan melalui observasi secara langsung, wawancara dengan guru BK dan siswa yang sudah melakukan layanan BK disekolah, serta dokumentasi kegiatan BK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan BK telah berjalan aktif dengan dukungan kepala sekolah, wali kelas serta partisipasi siswa. Guru BK menjalankan layanan secara profesional berdasarkan asas kerahasuaan, dengan kegiatan konsultasi rutin, seminar anti bullying dan sosialisasi persiapan perguruan tinggi serta persiapan bagi siswa yang ingin langsung bekerja. Hambatan utama yang dihadapi adalah rendahnya kesiapan mental siswa menghadapi tekanan sosial-digital (seperti ketidakstabilan emosi dan perilaku melawan guru) dan perubahan kurikulum yang dinamis. Harapan siswa meliputi peningkatan frekuensi kegiatan edukatif seperti seminar dan pendekatan personal yang lebih intens. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa pentingnya peran BK dalam bentuk kesejahteraan psikologis siswa, serta perlunya peningkatan fasilitas dan kompetensi guru BK secara berkelanjutan untuk menjawab tantangan era digital.
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Corey, G. (2017). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (10th ed. Cengage Learning.
Ernawati, N. (2024). Prinsip-Prinsip Dasar Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Konseling, 2(1).
Firmansyah, D. (2022). Kesehatan Mental Siswa di Era Digital: Tantangan dan Solusi.
Jakarta: Literasi Media.
Firmansyah, D. (2022). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(1).
Fitriani, R. &. (2024). Bimbingan Konseling untuk Kesehatan Mental Remaja di Era Digital. Jurnal Konseling Islam, 5(2), 150–162.
Fitriani, N. &. (2024). Kontribusi Bimbingan dan Konseling dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Konseling, 3(2).
Gysbers, N. C. (2012). Developing and Managing Your School Guidance and Counseling Program (5th ed.). American: Counseling Association.
Hasugian, A. A. (2025). Persepsi Siswa terhadap Efektivitas Layanan BK. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(4), 125–136.
Kemendikbud. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Nasution, A. H. (2023). Fungsi Layanan Konseling di Sekolah Menengah. Jurnal Psikologi Pendidikan,, 10(3), 215–228.
Putri, N. &. (2023). Integrasi Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Mental Remaja. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 100–112.
Prayitno, &. A. (2013). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta.
Ramadhani, R. (. (n.d.). Bidang-Bidang Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ilmiah Edukasi dan Konseling, 5(3).
Sari, M. (2023). Kesiapan Mental Guru BK dalam Menghadapi Tantangan Digita.
Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 8(2), 40–50.
Santoso, R. (2022). Manfaat Layanan Bimbingan Konseling untuk Perkembangan Siswa.
Bandung: Pustaka Edukasi.
Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology.McGraw-Hill
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Qolamuna: Keislaman, Pendidikan, Literasi dan Humaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.








