MAKNA DAN NILAI DALAM LIRIK LAGU JENTAKA : DALAM TIMBANGAN QS. AN-NAJM AYAT 43
Keywords:
jentaka, makna, nilaiAbstract
Penelitian ini membahas makna dan nilai-nilai yang terkandung dalam lirik lagu Jentaka karya band For Revenge sebagai bentuk ekspresi budaya musik rock modern di Indonesia. Lagu ini menarik karena memadukan unsur emosional khas musik modern dengan nilai-nilai spiritual yang bersumber dari Al-Qur’an, khususnya QS. An-Najm ayat 43. Metode yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif dengan pendekatan budaya dan tafsir kontekstual terhadap teks lirik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lirik lagu Jentaka tidak hanya merepresentasikan perasaan sedih dan kehilangan yang dialami generasi muda, tetapi juga memuat nilai-nilai keislaman seperti kesabaran, keikhlasan, istiqamah, tawakal, dan taubat. Melalui penggabungan antara musik kontemporer dan pesan religius, Jentaka menghadirkan bentuk dakwah kultural yang relevan dengan kehidupan modern tanpa meninggalkan nilai spiritualitas Islam. Dengan demikian, karya ini menunjukkan bahwa musik dapat menjadi sarana edukatif dan reflektif untuk memahami nilai-nilai kehidupan dalam konteks budaya populer masa kini.
References
Cahyono, A. F., & Handayani, G. M. (2024). Stereotip Generasi Z dalam Lirik Lagu For Revenge dengan Perspektif Pragmatik. http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/alfabeta
Dwinanda, P., Shofiah, V., & Rajab, K. (2023). Psikoterapi Islam: Model Psikoterapi Taqwa. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 4(3), 222. https://doi.org/10.24014/pib.v4i3.21830
Fauzi, R. A. L. (2024). PESAN DAKWAH DALAM ALBUM PERAYAAN PATAH HATI BABAK 1 MILIK BAND FOR REVENGE . Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.
Hidayat, A. (2018). SEJARAH DAN PERKEMBANGAN MUSIK ROCK DI INDONESIA TAHUN 1970-1990. Bihari: Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 1.
Hidayatullah, R. (2022). Desain Penelitian Musik di Era Digital (Sebuah Tinjauan Studi Literatur). Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 5(1), 28–40. https://doi.org/10.26740/vt.v5n1.p28-40
Kusumadinata, A. (2012). MUSIK ROKSEBAGAI BENTUK KONSTRUKSI SOSIAL DALAM MEREFLEKSIKAN PERUBAHAN SOSIAL GENERASI MUDA.
Mutaqin, M. Z. (2022). KONSEP SABAR DALAM BELAJAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM. In Maret (Vol. 3, Issue 1).
Mutohhari, A. (2022). Integrasi Nilai Islam dalam Pendidikan Berbasis Budaya. Jurnal Pendidikan Islam Nusantara, 8(2), 101–112.
Nurchaerani, M., Alfian, A., Hartadhi, S. H. R., & Christianto, C. (2024). Implicit Meanings of Jentaka Lyrics Song and Video Clip. Journey: Journal of English Language and Pedagogy, 7(2), 219–225. https://doi.org/10.33503/journey.v7i2.833
Ramadhan, W. F. (2025). INTERTEKSTUALITAS AYAT AL-QUR’AN DALAM LAGU ‘JENTAKA’ KARYA BAND FOR REVENGE: KAJIAN DENGAN TEORI GERARD GENETTE . Universitas Islam Negeri Salatiga.
Saefullah, A. S. (2024). Ragam Penelitian Kualitatif Berbasis Kepustakaan Pada Studi Agama dan Keberagamaan dalam Islam. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(4). https://doi.org/https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i4.1428
Saefullah, A. S., & Sukmara, D. (2025). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Ngalaksa Rancakalong: Sebuah Kajian Kualitatif Etnopedagogis. Borneo Journal of Islamic Education, 5(1), 101–112. https://doi.org/10.21093/bjie.v5i1.10660
Setiari, I. (2019). Kajian Nilai Sosial Dalam Lirik Lagu “Buka Mata Dan Telinga” Karya Sheila On7. Jurnal Soshum Insentif, 173–181. https://doi.org/10.36787/jsi.v2i2.92
Setiawan, D., & Mufarihah, S. (2021). Tawakal dalam Al-Qur’an Serta Implikasinya dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Online Studi Al-Qur An, 17(01), 1–18. https://doi.org/10.21009/jsq.017.1.01
Shaleha, R. R. A. (2019). Do Re Mi: Psikologi, Musik, dan Budaya. Buletin Psikologi, 27(1), 43. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.37152
Maryati, Y. S., Saefullah, A. S., & Azis, A. (2025). Landasan normatif religius dan filosofis pada pengembangan metodologi pendidikan agama islam. Qolamuna: Keislaman, Pendidikan, Literasi dan Humaniora, 1(2), 65-84.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suriyati, Firdaus, & Mubhar, M. Z. (2023). URGENSI SABAR DALAM TINJAUAN AL-QUR’AN. Al-MUBARAK Jurnal Kajian Al-Quran & Tafsir, 8(2), 2023. https://doi.org/10.47435/al-mubarak.v7i1
Sutra, S. D., & Rahmania, F. A. (2022). Peran Ikhlas sebagai Salah Satu Faktor Pendukung Kesehatan Mental. Jurnal Psikologi Islam, 9(1), 2549–9297. https://doi.org/10.47399/jpi.v9i1.127
Taufiqurrohman. (2019). IKHLAS DALAM PERSPEKTIF ALQURAN. EduProf, 1(2).
Wulandari, M., Basti, & Mansyur, A. Y. (2023). Pengaruh Tawakal Terhadap Stres Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi TALENTA, 8(2), 32. https://doi.org/10.26858/talenta.v8i2.44461
Wulandari, R., & Fadillah, I. (2023). Pembelajaran PAI Berbasis Kearifan Lokal sebagai Upaya Penguatan Karakter Islami. Jurnal Tarbiyah Dan Keguruan Islam, 5(1), 45–58.
yusoff, S. M., Marzaini, A. F. M., Hassan, M. H., & Zakaria, N. (2023). Investigating the Roles of Pedagogical Content Knowledge in Music Education: A Systematic Literature Review. In Malaysian Journal of Music (Vol. 12, Issue 2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Qolamuna: Keislaman, Pendidikan, Literasi dan Humaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.








