Fashāhatul Qur’an dan Pengembangan Mahārah Kalām bagi Pembelajar Non-Native: Sebuah Kajian Literatur

Authors

  • Ulya Alri Hanifa UIN SUNAN KALIJAGA Author

Keywords:

Fashāhatul Qur’an , Maharah Kalam, Bahasa Arab, Pembelajar Non Native, Kajian Literatur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran fashāhatul Qur’an dalam mempermudah penguasaan mahārah kalām (keterampilan berbicara) bagi pembelajar bahasa Arab non-native. Meskipun Al-Qur’an sudah sering digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab, penggunaannya lebih banyak difokuskan pada aspek hafalan atau pemahaman makna, bukan pada nilai kebahasaan yang fasih dan terstruktur. Padahal, bahasa Al-Qur’an memiliki tingkat kefasihan tinggi yang tercermin dalam pemilihan kata, susunan kalimat, dan kekuatan penyampaian makna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kajian pustaka (library research), dengan menganalisis literatur dan penelitian terdahulu yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga bentuk fashāhah; pada kata (fashāhatul kalimah), kalimat (fashāhatul kalām), dan penutur (fashāhatul mutakallim) dapat dijadikan model pembelajaran yang efektif dalam pengembangan mahārah kalām. Integrasi ayat-ayat Al-Qur’an sebagai bahan ajar linguistik tidak hanya meningkatkan rasa bahasa (dhawq lughawī), tetapi juga membantu pembelajar menyusun kalimat dengan lebih tepat dan komunikatif. Temuan ini diharapkan menjadi landasan awal dalam mengembangkan pendekatan pembelajaran bahasa Arab berbasis fashāhatul Qur’an

References

Aḥmad ibn Muṣṭafā al-Marāghī. ʻUlūm al-Balāghah: al-Bayān, al-Maʻānī, al-Badīʻ, 1952.

Hamidah, Ahda Islah Addiny dan Tutik. “Rahasia Bahasa Arab Sebagai Kalam Ilahi ‘Pakar Tafsir.’” Al-Munir: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 4, no. 01 (15 Juni 2022): 1–30. https://doi.org/10.24239/al-munir.v4i01.104.

Musgamy, Awaliyah. “Pengaruh Alquran dan Hadits terhadap Bahasa Arab.” Al-Hikmah Journal for Religious Studies 15, no. 1 (2014): 36–45.

Ni’mah, Khoirotun, dan Anisa’atus Salamiyah. “Ilmu Ashwat dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora 16, no. 1 (2024): 39–48.

Nur Annisa, Maryam, Dian Arista, Yadin La Udin, dan Wildana Wargadinata. “Pemerolehan bahasa Arab sebagai bahasa kedua (kajian psikolinguistik).” A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab 12, no. 2 (September 2023): 468–84.

Razaq, Abd Rahim. “Hubungan Kefasihan Membaca Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Berbahasa Arab Siswa Ma Darul Ihsan Ddi Makassar,” t.t.

Saifuddin, Moh. “Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakulikuler Musyafahah Seni Baca Al-Qur’an Dalam Peningkatan Fashohatul Kalam Membaca Al-Qur’an (Studi Kasus Di Madrasah Tsanawiyyah (Mts) NU Miftahul Ulum Loram Kulon Kudus Tahun 2016-2017).” PhD Thesis, STAIN Kudus, 2017.

Salida, Ainun, dan Zulpina Zulpina. “Keistimewaan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Quran Dan Ijtihadiyyah.” Jurnal Sathar 1, no. 1 (19 Juni 2023): 23–33. https://doi.org/10.59548/js.v1i1.40.

Taufiqurrochman, R. “Metode Jibril: Metode PIQ Singosari.” Ikapiq Press, Malang, 2005. http://repository.uin-malang.ac.id/242/.

Umroh, Ida Latifatul. “Keindahan bahasa al-qur’an dan pengaruhnya terhadap bahasa dan sastra arab jahily.” Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora 4, no. 2 (2017): 49–65.

زايدي, هشام, dan السعيد بوخالفة. “فصاحة الكلمة بين تقعيدات البلاغيين و استعمالات القرآن الكريم.” الإحياء 22, no. 2 (15 Juni 2022): 307–18.

Downloads

Published

27-06-2025

How to Cite

Fashāhatul Qur’an dan Pengembangan Mahārah Kalām bagi Pembelajar Non-Native: Sebuah Kajian Literatur. (2025). El-Badr: Jurnal Pemikiran Dan Peradaban Islam , 2(1), 97-104. https://jurnal.qolamuna.id/index.php/elbadr/article/view/188

Similar Articles

1-10 of 12

You may also start an advanced similarity search for this article.